3 Tips Memilih Selimut yang Aman dan Nyaman untuk Bayi

Memiliki anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua. Upaya terbaik dilakukan guna melindungi dan memastikan si kecil dalam kondisi aman dan nyaman, apalagi jika si kecil masih bayi yang mana orang tualah yang harus selalu berusaha mengerti dan memahami keinginan anak. Salah satu cara menjaga kenyamanan si kecil adalah dengan memilihkan selimut yang bahannya lembut sehingga bisa menghangatkan tubuh anak. Selimut ini bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan bayi terdekat.

Memilih selimut bayi bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak toko yang menjualnya, namun susah karena tidak semua selimut yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus. Agar tidak salah membeli, berikut tips memilih selimut bayi yang bisa Anda terapkan.

  1. Memilih Selimut dengan Bahan Terjamin

Bayi yang masih sangat kecil dan mungil memiliki kulit yang sensitif. Oleh sebab itu, usahakan lah untuk memilih selimut dengan bahan yang aman. Bahan dasar selimut bayi ini cukup beragama. Mulai dari katun, microfiber, flannel, bulu domba, serat, bulu sintetis, wool, ataupun sutra. Selimut bayi dengan bahan aman yang terjamin akan memiliki label OEKO-TEX Standard 100. Ini merupakan label standar yang bersifat global. Selalu pastikan selimut bayi Anda memiliki label ini.

  1. Memilih Selimut yang Sesuai dengan Bentuk dan Postur Tubuh Bayi

Ketika Anda memilih selimut, cek kembali apakah selimut tersebut benar-benar pas dengan tubuh bayi Anda. Jangan memilih selimut yang terlalu besar maupun terlalu kecil agar fungsinya tetap maksimal. Dimana selimut ini berfungsi untuk mengatur dan melindungi suhu tubuh normal bayi. Sehingga memilih ukuran yang tepat adalah prioritas utama.

Misalnya, jika Anda memiliki bayi yang baru saja lahir, ukuran selimut yang tepat biasanya berkisar 50 cm. Jika bayi sudah berusia diatas enam bulan, biasanya ukuran selimut yang dibutuhkan ialah sekitar 70 cm. Jika Anda sering menggendong bayi, belilah selimut yang mampu merangkap tubuh bayi dalam 2 sampai 3 rangkap lipatan selimut. Selimut seperti ini dapat dengan mudah dijumpai di toko perlengkapan bayi.

  1. Memilih Selimut yang Anti Jamur

Bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Untuk itu, Anda diwajibkan memilih selimut yang anti jamur dan bakteri guna mencegah iritasi kulit dan gangguan kesehatan lain pada bayi Anda. Saat ini, banyak produsen perlengkapan bayi yang memproduksi selimut anti jamur dan anti bakteri. Ketika membeli selimut, pastikan Anda melihat material selimut pada label selimut. Selimut yang anti jamur dan bakteri juga dapat dilihat dari labelnya.

Itulah tiga tips bagi Anda yang ingin membeli selimut untuk si kecil. Pastikan selimut yang Anda pilih untuk menemani tidur bayi adalah selimut yang dibuat dengan bahan yang terjamin, sesuai dengan ukuran tubuh bayi Anda, dan selimut yang anti jamur maupun bakteri. Selimut yang memiliki tiga kriteria ini selalu tersedia di toko perlengkapan bayi dengan berbagai pilihan warna, motif, dan desain.