Perawatan dan pengobatan demensia atau pikun

Pengobatan demensia dapat membantu memperlambat atau meminimalkan perkembangan gejala.

  • Inhibitor kolinesterase. Obat-obatan ini – donepezil, rivastigmine dan galantamine hydrobromide – obat bekerja dengan mempromosikan tingkat zat kimia yang terlibat dalam memori. Efek samping mungkin termasuk mual, muntah dan diare. Meskipun terutama digunakan sebagai obat Alzheimer, mereka juga digunakan untuk mengobati demensia, Parkinson, demensia, dan Lewy.
  • Memantine. Obat ini bekerja untuk Alzheimer, yang bekerja dengan mengatur aktivitas glutamat, zat kimia yang terlibat dalam semua fungsi otak, termasuk belajar dan memori. Efek samping yang paling umum adalah pusing. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan memantine dengan inhibitor kolinesterase dapat menghasilkan hasil yang lebih baik. Meskipun terutama digunakan untuk mengobati Alzheimer, itu dapat membantu memperbaiki gejala pada demensia lainnya.
  • Obat-obatan lainnya. Meskipun tidak ada perawatan standar untuk demensia, beberapa gejala dapat diobati. Perawatan ini bertujuan untuk mengurangi faktor risiko kerusakan otak tambahan.
  • Perawatan untuk penyebab demensia yang mendasari mungkin juga memperlambat atau kadang-kadang menghentikan kemajuannya. Misalnya, untuk mencegah stroke, dokter Anda mungkin meresepkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati kondisi seperti pembekuan darah, kecemasan dan insomnia untuk orang dengan demensia.
  • Selain itu, beberapa gejala dan masalah perilaku tertentu dapat diobati dengan obat penenang, antidepresan dan obat-obatan lainnya, tetapi beberapa obat ini dapat menyebabkan gejala lain.

Perawatan difokuskan untuk memastikan orang tersebut merasa nyaman.

Gaya hidup dan pengobatan demensia dan pikun

Langkah-langkah dapat diambil untuk meningkatkan kualitas hidup seiring berkembangnya penyakit.

  • Buat kalender pengingat

Ingat datang bukan hanya tentang peristiwa, tetapi itu terjadi dan kegiatan harus dilakukan setiap hari. Dan periksa aktivitas saat selesai. Jika mungkin untuk membuat proses ini suatu kebiasaan sebelum masalah memori memburuk, itu lebih mungkin untuk mempertahankan keterampilan ini sebagai penyakit berkembang. Jika Anda tidak dapat mengingat jika Anda meminum obat, Anda dapat memeriksa kalender.

  • Menjaga lingkungan yang tenang dan stabil

Lingkungan yang tenang dan stabil yang mengurangi masalah perilaku, situasi baru, kebisingan, kelompok besar orang, terburu-buru atau ditekan untuk diingat atau diminta untuk melakukan tugas-tugas kompleks yang dapat menyebabkan kecemasan. . Dengan penyakit Alzheimer atau amnesia, ketidaknyamanan menjadi kurang dari kemungkinan untuk berpikir jernih.

  • Buat ritual di malam hari

Demensia, perilaku bisa menjadi lebih buruk di malam hari ketika ditambahkan kelelahan, stres karena tuntutan siang hari atau mungkin disalahartikan sebagai penurunan sinar matahari. Cobalah untuk mengatur ritual tidur ditenangkan dan jauh dari kebisingan televisi, makanan, pembersihan dan anggota keluarga yang aktif. Tinggalkan cahaya malam untuk mencegah disorientasi. Membatasi kopi di siang hari, menghindari tidur siang dan berolahraga di siang hari dapat membantu mencegah istirahat malam.

  • Buat rencana

Kembangkan rencana komprehensif untuk menentukan tujuan perawatan serta berbagai lembaga pendukung, pusat perawatan, konselor dan spesialis, hukum dan anggota keluarga lainnya. Keluarga dapat membantu mencapai tujuan ini.

Proses ini mungkin atau mungkin bukan sesuatu yang orang gila mungkin terlibat dalam beberapa hal dan pengasuh sedang mempertimbangkan:

  • Apa prognosis jangka panjang dan apa rencana perawatannya?
  • Apakah penderita bisa hidup sendiri? Jika tidak, apakah perawatan akan disediakan dalam keluarga atau panti jompo?
  • Apakah dukungan perlu disediakan untuk hal-hal seperti persiapan makanan, kebersihan dan pengobatan sehari-hari?
  • Jika tidak ada kehidupan mandiri atau semi-independen, siapa yang akan menjadi pengasuh utama?
  • Bolehkah berkendara? Haruskah kita melanjutkan?

Masalah keamanan, seperti pengaturan tempat tidur dan kamar mandi dan penghapusan aman atau pisau garansi dan benda atau benda berbahaya lainnya, yang perlu ditangani.

Dukungan apa yang tersedia melalui pusat perawatan orang dewasa, di asuhan keperawatan, rumah atau lembaga lain?

Bagaimana dengan masalah hukum seperti keinginan untuk hidup dan kekuatan pengacara untuk masalah perawatan kesehatan? Apa keinginannya?

Ingat bahwa penyakit berkembang seiring waktu, dan perawatan perlu disesuaikan saat gejala berubah dan berkembang. Orang dengan demensia harus didorong untuk melanjutkan kegiatan normal selama mereka aman dan tidak menyebabkan kekecewaan atau kebingungan. Aktivitas psikososial, sosial dan fisik membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Pengobatan alternatif demensia atau pikun

Hati-hati saat mempertimbangkan alternatif untuk menghindari atau memperlambat perkembangan demensia, terutama jika mengonsumsi obat lain. Suplemen diet, vitamin dan obat herbal tidak diatur dan klaim manfaatnya sering didasarkan pada kesaksian pribadi daripada penelitian ilmiah. Beberapa alternatif yang lebih umum untuk Alzheimer dan bentuk lain demensia adalah:

  • Vitamin E. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat memperlambat perkembangan Alzheimer, sementara yang lain tidak menunjukkan manfaat. Dokter memperingatkan untuk tidak mengonsumsi vitamin E dalam dosis besar, terutama jika mereka menggunakan pengencer darah karena meningkatnya risiko pendarahan.
  • Asam lemak Omega-3. Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan. Penelitian telah dikaitkan dengan jenis omega-3 tertentu untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, demensia, dan penurunan kognitif.
  • Manajemen lembaga Food and Drug Administration (FDA) memungkinkan tambahan dan untuk menampilkan label makanan dengan “kesehatan memenuhi syarat klaim” untuk dua omega – 3 yang disebut docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). FDA merekomendasikan tidak lebih dari total total 3 gram DHA atau EPA sehari, dengan tidak lebih dari 2 gram suplementasi. Teori tentang mengapa omega – 3 dapat mempengaruhi risiko demensia, termasuk manfaatnya bagi jantung dan pembuluh darah, efek anti-inflamasi, dan dukungan dan melindungi membran sel saraf. Bukti awal juga menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu meringankan gejala depresi. Pikirkan ini karena itu adalah nutrisi yang diperlukan untuk fungsi otak.
  • Coenzyme Q10. Antioksidan ini secara alami terjadi di dalam tubuh dan diperlukan untuk reaksi seluler normal. Senyawa ini belum diteliti untuk keefektifannya dalam mengobati demensia. Versi sintetis dari senyawa yang disebut idebenone ini telah diuji untuk Alzheimer, tetapi tidak menunjukkan hasil yang menguntungkan. Kita tahu sangat sedikit tentang apa yang dianggap sebagai dosis aman dan berlebihan yang dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah atau menyebabkan memar atau pendarahan.
  • Ginkgo. Beberapa orang percaya bahwa ekstrak daun Ginkgo Biloba memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu memperlambat perkembangan masalah yang terkait dengan demensia. Namun, penelitian terbaru skala besar tidak menunjukkan manfaat.Sadarilah bahwa persiapan dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang mencairkan darah dan menyebabkan perdarahan.
  • Huperzin A. Terbuat dari lumut Cina, Huperzin A tampaknya bekerja dengan cara yang mirip dengan inhibitor kolinesterase yang ditentukan. Karena peningkatan risiko efek samping beracun, jangan mengambil Huperzin A jika Anda juga menggunakan inhibitor cholinesterase yang diresepkan.

Kesepakatan dan dukungan penderita demensia atau pikun

Dapatkan diagnosis dengan demensia dapat menimbulkan krisis untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa mereka siap sedapat mungkin untuk menghadapi kondisi yang tak terduga dan terus berubah.

Jaga diri baik-baik

Ketika penyakit berkembang, Anda mungkin mengalami berbagai emosi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu Anda mengatasi:

  • Tulis buku harian perasaan dan pengalaman.
  • Bergabunglah dengan kelompok pendukung lokal.
  • Dapatkan beberapa saran.
  • Berbicara dengan orang lain dapat membantu.
  • Pertahankan kontak dan berbagi perasaan dengan orang yang dicintai dan keluarga.
  • Bergabunglah dengan komunitas online orang-orang dengan pengalaman serupa.

Cara membantu seseorang dengan demensia

Dapat membantu seseorang mengatasi penyakit dengan mendengarkan, yakinlah bahwa kehidupan masih bisa dinikmati, memberikan cinta tanpa pamrih dan melakukan yang terbaik untuk membantu mempertahankan martabat dan harga diri

Bantuan orang lain

Merawat seseorang dengan demensia adalah persyaratan fisik dan emosional. Biasanya, pengasuh utama adalah pasangan atau anggota keluarga lainnya. Merasa marah dan bersalah, frustrasi dan depresi, kecemasan dan kesusahan dan isolasi sosial adalah hal biasa. Jika Anda merawat seseorang dengan demensia, bantulah diri Anda dengan:

  • Mintalah kerabat atau anggota keluarga Anda untuk meminta bantuan bila diperlukan.
  • Perawatan kesehatan.
  • Pelajari sebanyak mungkin penyakit.
  • Ajukan pertanyaan dari dokter Anda, pekerja sosial dan orang lain yang terlibat dalam perawatan yang Anda cintai.
  • Bergabunglah dengan kelompok pendukung.

Pencegahan Demensia atau Pikun

Meskipun penelitian masih berlangsung, langkah-langkah dapat diambil untuk mencegah atau menunda timbulnya demensia.

  • Jagalah pikiran Anda terus bekerja. Kegiatan stimulasi mental dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi atau mengkompensasi perubahan yang terkait dengan demensia. Ini termasuk hal-hal seperti kuis dan permainan kata, belajar bahasa, memainkan alat musik, membaca, menulis, melukis atau menggambar. Kegiatan ini tidak hanya menunda terjadinya demensia, tetapi juga dapat membantu mengurangi dampaknya, kegiatan yang lebih sering memiliki efek yang lebih menguntungkan.
  • Aktivitas fisik dan sosial. Aktivitas fisik dan sosial dapat menunda timbulnya demensia dan juga meringankan gejalanya. Semakin sering aktivitas semakin signifikan pengaruhnya. Contoh kegiatan fisik termasuk berjalan, berenang, dan menari. Kegiatan sosial termasuk bepergian, menghadiri bioskop dan pameran seni, dan bermain kartu atau permainan.
  • Tingkat homocysteine ​​lebih rendah. Penelitian telah menunjukkan vitamin B dosis tinggi – asam folat, B – 6 dan B – 12, yang membantu menurunkan kadar homocysteine ​​dan tampaknya memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Plak yang terjadi pada otak orang dengan kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab demensia. Karena itu, menurunkan kadar kolesterol dapat membantu mencegah kondisi ini. Statin membantu menurunkan kadar kolesterol, yang juga dapat membantu mengurangi risiko terkena demensia.
  • Kontrol diabetes. Mengontrol diabetes dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer dan demensia.
  • Menurunkan tekanan darah. Menjaga tekanan darah normal dapat secara signifikan mengurangi risiko Alzheimer dan demensia.
  • Pengejaran pendidikan. Mereka yang telah menghabiskan lebih banyak waktu dalam pendidikan formal tampaknya memiliki tingkat penurunan mental yang lebih rendah, bahkan jika mereka memiliki otak yang abnormal. Para peneliti percaya bahwa pendidikan dapat membantu otak mengembangkan jaringan saraf yang kuat yang mengkompensasi kerusakan saraf yang disebabkan oleh Alzheimer.
  • Pertahankan pola makan yang sehat. Makan makanan yang sehat adalah penting untuk banyak alasan, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan, sayuran dan asam lemak omega-3 umumnya ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan tertentu, Dapat melindungi dan mengurangi risiko terkena demensia.
  • Vaksinasi. Orang yang divaksinasi flu burung, tetanus, difteri dan polio memiliki penurunan risiko penyakit Alzheimer yang signifikan, oleh karena itu, imunisasi saat ini mungkin memiliki efek perlindungan terhadap demensia. ingat untuk tumbuh.